BAPERTARUM-PNS Serahkan Arsip Statis ke ANRI

Bertempat di Kantor Ex. BAPERTARUM-PNS, Kamis (28/06), Heroe Soelistiawan Koordinator Pelaksana Kegiatan Operasional Penyelesaian dan Pengalihan Aset dan Hak PNS, melakukan penandatanganan Berita Acara serah terima dengan Dr.Mustari Irawan, MPA Kepala ANRI. Kegiatan dilanjutkan dengan penyerahan secara simbolis arsip statis Badan Pertimbangan Tabungan Perumahan Pegawai Negeri Sipil (BAPERTARUM-PNS) kepada Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI).

Dalam sambutannya, Mustari Irawan menyampaikan bahwa dengan diserahkannya arsip BAPERTARUM-PNS ke ANRI, berarti BAPERTARUM-PNS telah melaksanakan kewajiban sebagaimana diatur dalam Undang-Undang Nomor 43 Tahun 2009 tentang Kearsipan, dimana lembaga negara wajib menyerahkan arsip statis ke ANRI.  Lebih lanjut Mustari menambahkan BAPERTARUM-PNS telah meninggalkan jejak memori yang sangat berharga bagi negara dan bangsa Indonesia, khususnya bagi generasi mendatang, baik nantinya jika dibutuhkan untuk referensi ilmiah maupun kebutuhan lainnya, bahkan mungkin oleh BP Tapera.

Sementara itu, Heroe Soelistiawan menyampaikan bahwa penyimpanan arsip statis merupakan wujud Good Corporate Governance (GCG) dan juga bagian dari menyimpan sejarah keberadaan BAPERTARUM-PNS. “Arsip ini merupakan bukti atas segala aktifitas BAPERTARUM-PNS sejak diterbitkannya Keputusan Presiden Nomor 14 Tahun 1993 tentang Tabungan Perumahan PNS sampai dengan 23 Maret 2018 saat batas waktu likuidasi”.

Heroe berharap arsip statis BAPERTARUM-PNS dapat bermanfaat untuk kepentingan masyarakat luas dan sekaligus juga mengucapkan terima kasih kepada ANRI yang telah membantu dalam membimbing sampai akhirnya dapat diserahkannya arsip statis BAPERTARUM-PNS ke ANRI.